Minggu, 20 Agustus 2017
@Edhie_Baskoro
facebook.com/EBYudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono

BERANDA | PROFIL | BERITA EBY | PARTAI DEMOKRAT | FRAKSI PD DPR-RI | DAPIL VII JAWA TIMUR | TESTIMONIAL | GALERI EBY | VIDEO | KARIKATUR | PLAYLIST EBY


Untitled Document

Dapil VII Jawa Timur

18 Maret 2017

Pernah Dikunjungi Ibas, Desa Karangpatihan Miliki Destinasi Wisata Gunung Beruk



PONOROGO - Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur selain terkenal dengan kesenian Reyog maupun obyek wisata Telaga Ngebel ternyata juga memiliki beragam obyek wisata atau destinasi baru. Salah satunya adalah obyek wisata Gunung Beruk yang berada di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong.
 
Kepala Desa Karangpatihan, Eko Mulyadi menjelaskan asal mula munculnya destinasi baru di Bumi Reyog tersebut. Dia menambahkan Keberadaan serta asal muasal  kawasan wisata Gunung Beruk yang awalnya adalah daerah gersang. 
 
Menurutnya, Gunung Beruk merupakan daerah yang tandus dan sering kekurangan air. "Kemudian pada pertengahan 2013 diadakan penghijauan tapi gagal dengan melibatkan berbagai pihak. Di akhir 2015 akhirnya bersama mahasiswa UGM menerapkan konsep wisata," papar Eko Mulyadi, Jumat (17/3/2017).
 
Menurutnya,  masyarakat Desa Karangpatihan sangat mendukung dengan konsep wisata Gunung Beruk. "Sehingga mereka semangat untuk menjadikan kawasan Gunung Beruk  menjadi hutan yang bisa menjadi daya tarik wisata," paparnya.
 
 
Menyoal keberadaan kawasan wisata gunung beruk merupakan kawasan wisata yang berada di kawasan hutan lindung KPH Lawu dirinya mengaku selama ini sudah mengirimkam surat untuk setiap even kepada Asper Perhutani sebagai kepanjangan Perhutani di Desa Karangpatihan. 
 
Lebih lanjut, dia memaparkan semua terlibat untuk menghidupkan lagi keberadaan pegunungan yang awalnya gersang. "Kawasan tersebut menjadi ramai berbagai potensi bisa hidup. Masyarakat diuntungkan karena Gunung Beruk," terangnya.
 
Selain itu  perekonomian masyarakat sekitar menjadi terangkat.  "Bahkan untuk karang taruna lingkungan juga mendapat berkah dengan adanya lahan penitipan para pengunjung atau wisatawan," tandasnya.
 
Sementara itu saat disinggung adanya perizinan dirinya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Ponorogo dalam proses Kontrak kerjasama dengan Perhutani Divre VII Jawa Timur. (mnc)


Berita Lainnya:


Lestarikan Budaya Jawa, Mas Ibas Gelar Ketoprak Humor


Ibas Ajak Elemen Bangsa Jaga Keutuhan NKRI


Kembangkan Wisata, Mas Ibas Instruksi Jalankan Tujuh Pesona Wisata


Ibas Terus Kawal Program Alsitan Untuk Para Petani


Ibas : Rakyat Sejahtera Jika Kebutuhan Pokok Terpenuhi