Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur bertemu langsung dengan puluhan pengusaha mikor kecil dan menengah (UMKM) guna mencari formula baru agar mampu bersaing menghadapi padar bebas Asean (MEA).

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Pertambangan dan Energi (Koperindagtamben) Kabupaten Trenggalek, Siswanto mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi demi kemajuan usaha di bidang UMKM.

“Kami mendorong agar jaringan pemasaran pelaku UMKM di Trenggalek semakin luas dan tentunya kami akan melakukan upaya untuk peningkatan standarisasi produk,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga menampung berbagai aspirasi dan problematika yang selama ini dihadapi para pelaku usaha. Pemkab Trenggalek berjanji akan mencarikan formula yang tepat untuk mempercepat laju pertumbuhan sektor usaha kecil.

“Salah satu kemudahan yang kami berikan adalah terkait dengan perijinan serta kemudahan untuk mengakses permodalan, karena ini merupakan instrumen penting bagi pelaku usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan, di era pasar bebas, sektor usaha kecil diharapkan menjadi benteng yang kuat untuk bersaing dengan aneka produk dari daerah daerah maupun negara lain.

Salah satu cara agar mampu bersaing, yakni dengan melakukan terobosan serta ide-ide baru utamanya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, mulai dari produksi hingga pemasaran. “Dengan teknologi maka produksi barang kan efisien , pemasaran juga demikian dengan teknologi bisa lebih mksimal,” katanya.