PONOROGO – Menjelang Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini, Pemkab Ponorogo membolehkan adanya bantuan atau semacam pungutan kepada orang tua murid.
 
     Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni kepada sejumlah awak media  di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Kamis (26/5).
 
      “Kami sudah bertemu sekaligus berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan beberapa Kepala Sekolah agar tidak lagi membebani adanya biaya tambahan kepada para orang tua murid,” ujar Ipong.
 
     Tetapi Bupati Ipong secara tegas masih membolehkan uang pungutan khusus kepada orang tua yang mampu saja. “Biaya bisa dipungut dari orang tua siswa yang tergolong mampu saja, yang miskin jangan, ini semacam subsidi silang,” paparnya.
 
     Bahkan menurutnya, Pemkab Ponorogo akan segera memberikan Bantuan Operasional Siswa (BOS) maupun Bantuan Siswa Miskin akan diperluas menggunakan APBD Kabupaten Ponorogo.
 
     Pihaknya berharap kepada semua masyarakat untuk memahami dunia pendidikan Ponorogo secara jernih. “Dunia pendidikan harus menjadi perhatian kita bersama,” tukasnya. (mnc)