Trenggalek-Badan Kepegawaian Daerah BKD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menggelar uji publik terhadap 450 nama pegawai honorer kategori dua (K2) yang lolos dalam verifikasi tahap awal Badan Kepegawaian Nasional.

“Uji publik ini kami lakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh BKN, yakni mulai tanggal 27 Maret sampai dengan 19 April 2013, hal ini merupakan bentuk tranasparansi bagi masyarakat sbeelum mereka mengikuti ujian,” kata Kabag Humas Pemkab Trenggalek, Yuli Priyanto. Selasa, 16/4/2013

Dalam tahap perekaman sebelumnya, BKD Trenggalek mengirimkan 450 daftar nama honorer ketegori dua ke BKN. Menurut Yuli, seluruh nama yang dikirim tersebut dinyatakan lolos seleksi administrasi awal.

Menurutnya, dalam tahap uji publik tersebut, masyarakat luas maupun para peserta dapat menyampaikan keberatan atas nama yang masuk dalam pengumuman, dengan menunjukkan bukti serta alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Yuli menambahkan, apabila masyarakat yang mencurigai serta menemukan adanya kejanggalan terhadap daftar nama yang dilakukan uji diminta segera melaporkan ke BKD Trenggalek.

“Misalkan anda mencurigai bahwa si A, SK (surat keputusan) pengangkatan honorernya tidak sesuai atau setelah tahun 2005, maka silakan saja melapor, nanti laporan itu akan dikaji dan dikirimkan ke BKN,” ujar Yuli.

Kata dia, sampai saat ini tidak ada laporan masyarakat yang masuk mengenai pemalsuan dokumen, maupun sanggaan atas daftar honorer K2.

“Yang ada itu hanyalah laporan mengenai ketidaksesuaian data antara di dalam ijazah dengan daftar nama yang diumumkan, meskipun tidak banyak, meskipun hanya ada satu, dua laporan akan tetap kami kirim ke pusat untuk diteliti dan ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Yuli Priyanto menambahkan, laporan sanggahan yang masuk akan dilaporkan ke BKN mulai tanggal 27 maret hingga empat (4) april mendatang. Selanjutnya, BKD Trenggalek akan menunggu hasil uji publik dari BKN, berupa “listing” nama yang lolos untuk mengikuti tes tulis.

“Daftar nama yang lolos menjadi peserta ujian akan dikirim ke masing-masing kebupaten/kota antara sembilan sampai 13 Mei 2013, sedangkan tes tulis akan dilaksanakan pada bulan Juni,” imbuhnya.

Tenaga honorer K2 dimungkinkan diangkat menjajdi CPNS apabila dinyatakan telah lolos mengikuti seleksi administrasi, uji publik sampai dengan ujian tertulis. Dimas