1. TRENGGALEK – Bekerjasama dengan Pemerintah desa Cakul, kecamatan Dongko, kabupaten Trenggalek, anggota DPR-RI dapil VII Jawa Timur Edhie Baskoro Yudhoyono ikut berkontribusi semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73, melalui Pasar Rakyat dan Kesenian Tradisional Jaranan, Rabu (29/8/2018).

Lewat Griya Aspirasi EBY Trenggalek, Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono, sampaikan pesan untuk saling menjaga solidaritas dan lestarikan budaya leluhur terdahulu.

“Mari kita sambung tali silaturahmi antara umat beragama, jangan sampai kita terpecah belah dan mari kita junjung budaya yang telah diwariskan nenek moyang kita”, pesannya.

Sementara itu, Musni Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan penutup dari serangkaian agenda di bulan Agustus ini. “Pagelaran seni Jaranan ini merupakan agenda penutup dari serangkaian kegiatan di bulan ini”.

Masih Musni menambahkan, “Tidak dipungkiri bahwa Kesenian Tradisional masih menjadi mahnet kuat masyarakat Trenggalek. Kesenian Tradisional Jaranan misalnya, dari anak hingga orang tua lanjut usia rela berbondong-bondong turun gunung hanya untuk menyaksikan kesenian tersebut. Oleh karena itu, kami sengaja mengundang para pelaku seni Jaranan untuk menghibur warga Cakul”, jelasnya pria penggiat seni jaranan tersebut.

Sementara itu, Dika pemuda desa Cakul mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Ibas ke warga desa Cakul, pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut.

“Terima kasih mas Ibas atas dukungan dan partisipasinya terhadap kegiatan di desa kami, semoga dukungan mas Ibas ke desa kami bisa berlanjut kedepannya. Mas Ibas memang juara”, terang pemuda tersebut. (Ganez Radisa)