Pacitan- Negara bisa dikatakan besar, salah satu indikatornya adalah kemajuan dibidang pendidikan. Karena itu dengan berdirinya akademi komunitas di Pacitan, diharapkan pada kurun waktu 25 tahun mendatang, Indonesia bisa menjadi negara maju dan memiliki daya saing. “Dengan keberadaan SMK model ini, diharapkan akan memajukan pendidikan di Indonesia. Insya allah, 25 tahun kedepan kita akan menjadi salah satu negara besar,” ujar Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh, saat melakukan kunjungan kerja di Pacitan, Sabtu (11/5).

Nuh berharap, keberadaan akademi komunitas tersebut akan menjadi jembatan membuka lapangan kerja dan tenaga kerja handal yang memiliki ketrampilan khusus. “Kita harus bisa mengembangkannya. Sehingga banyak siswa-siswa dari luar daerah yang sekolah disini. Karena itu, mari kita openi bersama,” tutur mantan Menkominfo ini.

Muhammad Nuh menargetkan pembangunan Akademi komunitas yang ada di Pacitan rampung bulan Juli tahun ini.

“Saya berharap dengan selesainya pembangunan akademi komunitas itu tahun ini maka akan segera dapat diresmikan. Sehingga tahun ajaran baru 2013-2014 sudah dapat menerima siswa didik. Saat ini pembangunan fisik dari sarana pendidikan itu sendiri sudah mendekati selesai. Selain fisik kementerian juga akan segera menyiapkan ketersediaan tenaga dosen. 

Sementara itu Bupati Pacitan, H. Indartato mengaku bangga dengan berdirinya SMK Model di Pacitan. Tak henti-hentinya, mantan Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak sehingga SMK model bisa benar-benar bediri di Pacitan. “Kami sangat bangga dan sangat berterimakasih dengan berdirinya sekolah semegah ini. Semoga kedepan pendidikan di Pacitan akan lebih maju lagi,” ujarnya.

Sebelum singgah di Pacitan, Mendiknas juga menyempatkan diri mampir di Madiun dalam rangka meresmikan politeknik Negeri di kota tersebut. Menurut rencana, usai meninjau proyek akademi komunitas di Pacitan, mantan rektor ITS tersebut juga akan meresmikan sekolah tinggi manajemen di Gresik. Yuniardi Sutondo/frend