Trenggalek – Petugas Kemetroligian Jawa Timur melakukan tera ulang terhadap ratusan timbagan para pedagang pasar di Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek.

Program tera ulang timbangan pedagang dilaksanakan di area Pasar Basah di Kecamatan Trenggalek, seluruh jenis timbangan yang digunakan para pedagang, dilakukan pengecekan ulang oleh petugas Kemetrologian.

Dari pemeriksaan ini diketahui 70 persen timbangan yang digunakan para pedagang tidak presisi dan bermasalah. kondisi ini dipengaruhi oleh penggunaan yang terus menerus, sehingga terjadi aus dan menggangu keakurasian.

“Timbangan itu harus ditera ulang setahun sekali, kebetulan untuk saat saat ini gratis biasa servis,” kata Ketua Tim Tera, Suhadi.

Ratusan timbangan yang bermasalah tersebut selanjutna dilakukan pembenahan oleh tim ahli Kemetroligian. Tak hanya sebtas tera ulang, alat ukur berat yang kusam juga diservis dan pengecatan ulang.

Menurutnya, tera ulang dilaksanakan untuk melindungi konsumen atas barang yang dibeli serta mencegah terjadinya kecurangan dari para pedagang terhadap akurasi timbangan.

Rencanaya tera ulang di wilayah Trenggalek akan dilaksanakan selama 17 hari di 17 titik yang di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek.