Magetan- Petani Di wilayah Magetan bagian selatan  mengalami gagal panen dalam musim Panen pertama tahun ini. Gagal panen pada musim panen tahun ini paling parah dialami petani di daerah kecamatan Parang dan sekitarnya.(12/3/13).

Seperti di daerah Desa Tamanarum Kecamatan Parang, puluhan hektar sawah terserang jenis hama Potong leher ini. mereka mengaku merugi sangat besar akibat padi mereka terkena hama tersebut.

“Akibat potong leher ini, hasil panen kami yang semula tiap musim panen menghasilkan 27 zak, kini Cuma dapat 14 zak, itu masih kotor , karena belum kami bersihkan padi yang gabug(tidak ada isinya) dengan yang ada, jika nanti sudah kami bersihkan paling bagus hasilnya Cuma sampai 9- 10 zak saja” terang Sarimin(alias mentok).

Hal senada di katakana oleh Zainul amar, tanaman padinya yang sekitar lima hari lalu masih dalam kondisi baik, selang 3 hari dia melihatnya melihatnya sudah dalam kondisi memprihatinkan, hampir seluruh tanaman padinya terkena potong leher.

“Potong leher ini sangat ganas mas, menyerang saat menjelang panen, gimana nggak bikin mumet, melihat padi kayak gini, padahal sudah kami semprot juga dengan Pestisida” tambahnya.

Dari pantauan sinergis di lapangan, petani yang resah akibat hama potong leher di Magetan hampir merata di wilayah magetan.  mereka berharap pemerintah kabupaten segera memberikan solusi terhadap permasalahan pertanian di Desa, terlebih yang terkena wabah hama Jenis potong leher ini. (Maksum)