PONOROGO – Upaya meringankan beban Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)  terus dilakukan oleh Pemerintah Pro Rakyat. Seperti di  Kabupaten Ponorogo, Pemerintah melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo kembali menggulirkan  Program Keluarga Harapan (PKH) bantuan berupa uang untuk ibu hamil sampai melahirkan berikut penunjang perawatan makan dan minuman bayi juga ada untuk pelajar.

Selain itu PKH juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu dan membantu anak-anak sekolah. Dinsosnakerstrans Ponorogo secara simbolis menyerahkan Bantuan PKH kepada meraka yang berhak menerima di Balai Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong. Dilanjutkan penyerahan PKH secara simbolis di Balai Desa Tumpakpelem, Kecamatan Sawoo, serta di Balai Desa Talun, Kecamatan Ngebel. 

Seperti diketahui, Program Keluarga Harapan ini merupakan Program Pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu,  khususnya anak yang masih dalam kandungan dan anak sekolah agar bisa terpenuhi gizi dan kesehatannya. Keberhasilan Program PKH ini tidak lepas dari kerja keras dan kesungguhan semua pihak baik Pemerintah, Pendamping serta terutama kemauan kuat dari RTSM sendiri. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa  bantuan kepada masyarakat lewat Program PKH  tahun 2013 ini ada 4 tahap. tahap I dan II telah dilaksanakan. Wilayah yang menerima bantuan program PKH adalah  meliputi Kecamatan Siman , Mlarak, Pudak, Jetis, Bungkal, Balong, Sambit, Sukorejo, Badegan, Sawoo dan Ngebel.

Sementara itu jumlah penerima di semua wilayah tersebut sebanyak 6.524 orang dengan jumlah dana yang dikucurkan sebanyak Rp. 3.831.450.000,00. Setiap penerima di setiap tahapnya minimal menerima Rp. 425.000,00 hingga Rp. 925.000,00 sehingga apabila ditotal secara keseluruhan dalam 1 tahun yang terbagi dalam 4 tahap setiap orang minimal Rp. 800.000 maximal Rp. 2.800.000,00.

Sedangkan berdasarkan surat dari UPPKH pusat yakni Bantuan Tetap senilai  Rp.300.000,00 serta  Hamil/Balita/Nifas  sebanyak  Rp. 1.000.000,00. Sementara untuk pelajar SD sebanyak Rp. 500.000,00 dan untuk pelajar SMP sebanyak Rp. 1.000.000,00.

Oleh karena itu melalui program PKH ini diharapkan seluruh keluarga bisa membiayai sekolah anaknya sehingga menjadi keluarga yang benar-benar menjadi harapan bangsa.  Pemerintah Pro Rakyat  selain menggelontorkan Program PKH, juga menggulirkan beberapa program unggulan lainnya seperti  BLSM, Program Pendidikan Murah, Jamkesmas, Beras Miskin (Raskin). Dana bantuan ini berasal dari pengurangan subsidi BBM yang telah dinaikkan Pemerintah RI beberapa waktu lalu. (MUH NURCHOLIS)