Trengalek – 21 rumah warga di Dusun Sumbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami retak-retak dan terancam longsor. 
 
Salah seorang warga, Nur Ilmiah mengatakan, retakan yang terjadi di puluhan rumah penduduk tersebut dipicu oleh kondisi tanah yang labil dan terus mengalami pergerakan. 
 
Menurutnya, saat ini 20 rumah dan satu bangunan mushola tidak layak huni, mengingat retakan yang terjadi cukup lebar dan menghawatirkan. Bahkan di salah satu rumah lebar retakan dinding dan tanah mencapai 30 centimeter. 
 
“Jam 01.00 WIB ada reruntuhan sedikit demi sedikit, kemudian jam 03.00 WIB sudah ambrol. Kami akhirnya mengungsi ke atas situ, karena semua retak. Rencananya akan pindah tapi belum tahu dimana, belum ada tanah,” katanya. 
 
Untuk mengihindari hal-hal yang tidak diinginkan, saat in seluruh warga mengunsi ke rumah tetangga dan sanak saudara yang lebih aman. Rencananya, seluruh bangunan yang rawan longsor tersebut akan dibongkar dan direlokasi ke tempat yang baru. 
 
Pergerakan tanah di kawasan Dusun Sumbermadu, Desa Pucanganak, Kecamatan Tugu, Trenggalek tersebut mulai terjadi pada tahun 2011, namun kondisi terparah terjadi pada bulan April ini.